Preaload Image

Pendampingan Pemanfaatan Marketplace Online untuk Mendukung SDGs – Pertumbuhan Ekonomi

Tim MBKM UM melaksanakan kegiatan pendampingan Marketplace Online, yaitu Shopee. Kegiatan ini dilakukan pada warga Jatirejoyoso yang memiliki unit usaha rumahan. Kegiatan ini adalah sebagai bentuk pengabdian dosen FEB UM yang bekerjasama dengan mahasiswa KKN MBKM UM.  Pendampingan yang dilakukan secara intensif kurang lebih 3 minggu ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam memasarkan produknya di dunia maya, sehingga SDGs nomor 8 dapat terwujud, yaitu Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Pendampingan ini dimulai dengan sosialisasi  door to door  kepasa partisipan yang memenuhi syarat. Selanjutnya partisipan diberikan penjelasan terkait kegunaan marketplace dan cara mengoperasionalkannya. Tindak lanjut dari kegiatan tersebut yaitu dengan pembuatan marketplace shopee  Kemudian, dilanjut dengan praktik yang dimulai dengan cara install aplikasi, pembuatan akun, perbarui profil, serta upload produk. 

“Saya merasa terbantu dengan adanya pendampingan ini, karena di usia seperti ini sudah tidak bisa mengoperasikan teknologi secara maksimal, butuh pendampingan”. Ujar Ibu Yanti selaku peserta pendampingan.

Pada akhir rangkaian kegiatan, tim juga memberikan buku panduan manual dalam menggunakan shopee sebagai pelanggan. Buku tersebut diperlukan sebagai media catatan bagi partisipan untuk mampu mengelola akun marketplace digitalnya sendiri.

Translate »
Skip to toolbar