Preaload Image

Pendampingan Pengurusan Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga Sebagai Upaya Perwujudan SDG’s Guna Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Sumbersekar Dau Malang

Malang, Sumbersekar, Dau. Tim Pengabdian MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka — Membangun Desa) Universitas Negeri Malang 2022 mengadakan kegiatan sosialisasi PIRT di Aula Kantor Desa Sumbersekar. Kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan kualitas perizinan UMKM sebagai program yang berkesinambungan dan berpeluang untuk memberikan manfaat positif bagi setiap perkembangan UMKM di Desa Sumbersekar. Upaya ini dilakukan sebagai perwujudan peran Perguruan tinggi dalam mencapai Sustainable Development Goals ke 8 yaitu mewujudkan masyarakat dengan tingkat pekerjaan layak sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi serta melalui pemberdayaan industry olah pertanian, perikanan, dan kerajinan. Dengan kualitas UMKM yang meningkat melalui kepemilikan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) ini meningkatkan peluang produksi dan pemasaran produk industri rumah tangga menjadi lebih luas sehingga dapat mencapai tujuan SDGs ke 1 yaitu masyarakat tanpa kemiskinan dan SDGs ke 8 yaitu Pekerjaan yang Layaka dan Pertumbuhan Ekonomi.

Program ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi dengan metode paparan dan diskusi yang dihadiri oleh kepala desa serta jajaran perangkat desa dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Ibu Reny Wahyu Pramesti, S.Gz. Sementara peserta sosialisasi, dihadiri oleh 15 orang terdiri dari penggerak PKK dan Pemilik UMKM  di Desa Sumbersekar. Materi yang disampaikan berkaitan dengan prosedur pembuatan PIRT secara online melalui website oss.go.id. Penggunaan website OSS (Online Single Submission) untuk memudahkan para penggerak bisnis mikro jika ingin memaksimalkan perizinan bisnis makanan industri rumah tangga yang dimilikinya. Materi dipaparkan secara detail dan disertai praktik langsung pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) oleh narasumber.

Sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari program kerja yang nantinya akan memiliki output berupa POJOK PIRT. POJOK PIRT ini digunakan untuk membantu pemilik UMKM Desa Sumbersekar dalam pembuatan NIB dan PIRT. Pelaksanaan POJOK PIRT ini dilakukan oleh  mahasiswa  pelaksana kegiatan sampai berakhirnya masa MBKM-MD yang kemudian akan dilanjutkan oleh Perangkat PKK Desa Sumbersekar.

Apresiasi positif didapatkan dari warga desa dan segenap jajaran perangkat desa terutama Kepala Desa Sumbersekar. Tidak kalah penting kegiatan tersebut juga mendapatkan tanggapan positif dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Menurut salah satu pegawai Kefarmasian Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mengatakan “Kegiatan sosialiasi dan penerapan POJOK PIRT ini merupakan sebuah kepanjangan tangan atau saluran informasi yang baik dalam setiap perubahan prosedur pendaftaran PIRT”. Dengan demikian, untuk kedepannya diharapkan tidak ada lagi permasalahan seperti kesulitan atau kekurangan informasi terkait pembuatan sertifikat PIRT sehingga setiap penggerak UMKM yang ada di desa tersebut dapat melakukan pengajuan dengan mudah dan tepat. Kualitas perizinan dan sertifikasi pangan industry rumah tangga dapat sedikit menuai peningkatan dan menjadi sebuah gerbang yang baik menuju perkembangan UMKM yang lebih sejahtera.

Translate »
Skip to toolbar