Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Kokami Notes untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Perbankan 2 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Lindawati. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Kokami Notes untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Perbankan 2 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi., Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak (II) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA

Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kokami Notes, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Kurikulum 2013 mendorong siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran melalui pendekatan saintifik. Discovery learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses identifikasi masalah, pengumpulan data serta pengolahan data yang telah didapatkannya untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa serta hasil belajar siswa. Kokami notes merupakan alternatif yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model discovery learning berbantuan kokami notes untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Perbankan 2 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X Perbankan 2 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang terdiri dari 51 siswa. Data diambil melalui pengamatan observer dan dicatat pada lembar observasi keterlaksanaan penerapan tindakan, lembar observasi aktivitas belajar, dan catatan lapangan serta nilai dari post test untuk evaluasi hasil belajar siswa.
Temuan selama pelaksanaan tindakan yaitu (1) perlu persiapan yang matang dalam penerapan model discovery learning berbantuan kokami notes, (2) penerapan tindakan perlu disesuaikan dengan keadaan di lapangan serta karakteristik siswa, (3) keberhasilan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas belajar yang muncul serta hasil belajar yang dicapai siswa. Berdasarkan analisis data pada siklus I, aktivitas belajar siswa sebesar 68,27% pada siklus II meningkat menjadi 82,45%. Hasil belajar siswa pra tindakan dengan rata-rata kelas 62,67 dan daya serap klasikal sebesar 37,25% pada siklus I naik menjadi 73,23 dan daya serap klasikal sebesar 62,75%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 83,14 dengan daya serap klasikal sebesar 94,12%. Dengan hasil yang tercapai tersebut dapat dinyatakan kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Perbankan 2 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi setelah penerapan model discovery learning berbantuan kokami notes.
Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada guru dapat menerapkan, dan mengembangkan model discovery learning berbantuan kokami notes, khususnya pada materi ajar Akuntansi maupun pada materi pelajaran lain. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melanjutkan penelitian dengan variabel, materi, dan subyek yang berbeda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *