Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X KU SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen

Indriyaswati, Fitri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X KU SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suparti, M.P. (II) Ika Putri Larasati, S.E., Mcom

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Lesson Study, Aktivitas belajar, Hasil Belajar

Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas siswa dan guru selama proses belajar mengajar. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa, seperti model pembelajaran inkuiri. Pembelajaran inkuiri termasuk dalam pendekatan ilmiah pada kurikulum 2013. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, peneliti melakukan pembelajaran berbasis Lesson Study. Berdasarkan informasi yang diperoleh, baik dari observasi maupun wawancara dengan guru matapelajaran akuntansi, diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa kelas X KU (Keuangan) SMK Muhammadiyah 5 masih rendah. Selain itu, hasil belajar siswa juga kurang optimal, dari 29 siswa yang belum mecapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 60%.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KU (Keuangan) SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Instrumen penelitian ini berupa lembar keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran model inkuiri, lembar observasi lesson study, lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II sebesar 56,41% menjadi 71,21%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,06% dan pada siklus II menjadi 86,20%. Dengan demikian, kriteria keberhasilan dari penelitian yaitu hasil observasi aktivitas belajar menunjukkan 75% siswa berada dalam kategori minimal baik dan hasil belajar menunjukkan 75% siswa mencapai KKM, sehingga tindakan dihentikan pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X KU (Keuangan) di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru mata pelajaran akuntansi dalam memilih model pembelajaran yang inovatif. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan variasi model pembelajaran atau media pembelajaran sesuai materi yang akan dikaji dengan kebutuhan subyek yang diteliti.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *