Penerapan Pembelajaran Quantum Learning Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di Smk Negeri 1 Pasuruan

Fatmawati, 2016. Penerapan Pembelajaran Quantum Learning Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di Smk Negeri 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak, (II) Hj. Puji Handayati, S.E, Ak, M.M, CA, CMA.

Kata Kunci: Quantum Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar

Berdasarkan observasi awal di kelas XI akuntansi 3 SMK Negeri 1 Pasuruan tampak bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Partisipasi dan antusiasme siswa kurang pada saat proses pembelajaran. Hal ini yang menyebabkan hasil belajar siswa juga rendah, diperoleh dari hasil dokumentasi guru hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah KKM. Salah satu pembelajaran yang dapat memperbaiki permasalah di kelas tersebut adalah penerapan Quantum Learning dengan teknik Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Pasuruan.
Subyek penelitian adalah siswa kelas XI akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Pasuruan tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 37. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Instrument yang digunakan meliputi lembar keterlaksanaan pembelajaran, soal tes kognitif, lembar observasi aspek afektif, lembar observasi aspek keterampilan membuat Mind Mapping, RPP dan handout. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Quantum Learning dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan. Hasil belajar aspek kognitif meningkat sebesar 12,98% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar aspek afektif meningkat 10,53% dari siklus I 65,39 % ke siklus II 75,92%. Hasil belajar aspek keterampilan membuat Mind Mapping meningkat sebesar 13,48% dari siklus I 74,58% ke siklus II 88,06%. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya motivasi pada diri siswa yang lebih aktif di kelas agar mendapatkan nilai yang maksimal dan hasil belajarnya meningkat efektif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *