Preaload Image

Pengabdian oleh Tim Departemen Akuntansi FEB UM 2021/2022 Berfokus pada Upaya Branding Destinasi Wisata Alam Desa Duwet Krajan Demi Mewujudkan SDGs 15

Pesona elok alam dapat dipancarkan salah satuya dengan memberikan sentuhan inovasi di dalamnya. Seperti yang dilakukan oleh kelompok pengabdian membangun desa Jurusan Akuntansi FE UM dalam melakukan branding wisata Sumber Pitu, Coban Kembar, dan Coban Ringan Gantung yang terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Tim pengabdian membangun desa Jurusan Akuntansi FE UM terdiri dari: 13 anggota yang berasal dari prodi S1 Akuntansi, yaitu: Gracia Angelina Nawang Wulan, Ahmad Hikami, Intan Dilla Sabilah, Tioryta Grasella Sijabat, Gusti B’tari Artichah, Gita Gloria Christy, Dania Anitsa, Alfi Rosyidah Hamim, Fera Pebriyanti, Ajeng Purbaningrum, Uswatur Rizkiyah, Sayyid Achmad Abdillah, Faridah Puteri Permatasari. Anggota tersebut tergabung dalam satu kelompok melaksanakan kegiatan pengenalan wisata alam Desa Duwet Krajan dengan optimalisasi beberapa akun media sosial. Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan dengan Prokes ketat sesuai ketetapan pemerintah dan peraturan Desa Duwet Krajan tentang Covid-19.

Branding wisata merupakan program kerja yang dapat dijadikan upaya untuk mewujudkan tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development (SDGs) ke- 15, dimana bertujuan untuk melindungi, merestorasi, dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan Ekosistem Daratan, Mengelola Hutan secara lestari, menghentikan penggurunan, memulihkan degradasi lahan serta menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati. Namun program kerja ini memfokuskan pada pemanfaatan ekosistem daratan secara berkelanjutan.

Coban Ringin Gantung

Dinamakan coban ringin gantung karena pada bagian sisi air terjunnya terdapat pohon beringin yang tumbuh subur di antara tebing-tebingnya. Pohon beringin yang berukuran besar pada coban tersebut menggantung disela-sela bukit. Coban ini terletak di bagian sisi kanan sumber pitu. Coban ringin gantung ini menawarkan panorama alami yang benar-benar hijau dan bersih. Asri dan alaminya pemandangan di coban ringin gantung, serta jernihnya air mengalir memancarkan pesona reksotis dari coban ringin gantung.

Sumber Pitu

Sumber pitu merupakan sumber air yang berlokasi di Desa Duwet Krajan, untuk rute perjalanan bisa melalui dua jalur alternatif. Jalur alternatif pertama dapat dilalui dengan menggunakan sepeda motor dengan jarak 2 km, sedangkan untuk jalur alternatif lainnya dapat dilalui berjalan kaki sejauh 1 km. Sepanjang perjalan menuju sumber pitu akan disuguhkan oleh pemandangan alam pegunungan yang indah yang tersebar di ruas kiri dan kanan jalan. Air sumber pitu sangat jernih hingga terlihat dari dasar air. Pemandangan sekitar sumber pitu sangat asri dengan udara pegunungan yang segar.

Coban kembar

Coban kembar ini berjarak sekitar 2 km dari permukiman penduduk dengan panorama alam yang menarik. Rute perjalanan ke coban kembar dapat diakses dengan menggunakan sepeda motor. Sepanjang perjalanan menuju coban kembar akan disuguhkan pemandangan alam yang menarik dengan melalui perkebunan sayur dan buah yang menggoda mata pengunjung. Seperti Namanya Coban kembar, terdapat dua air terjun yang mengalir ke satu hulu. Kedua air terjun ini berada pada posisi yang sejajar dengan hanya dipisahkan jarak 15 meter. “Air yang mengalir pada coban kembar tersebut nantinya akan di salurkan ke permukiman warga untuk menaikkan debit air, sehingga perkebunan dan permukiman warga mendapatkan air yang lebih cukup. Namun masih dalam proses perancangan,” tutur Ibu Kepala Desa.

Tujuan dilakukannya branding wisata agar wisata Sumber Pitu, Coban Kembar, dan Coban Ringin Gantung  dapat dikenal lebih luas sehingga dapat menarik wisatawan. Menurut perangkat desa setempat, upaya branding wisata alam perlu ditingkatkan sehinggga potensi wisata dapat terus berkembang kedepannya. Untuk penguatan branding itu berupa pembuatan video oleh peserta membangun desa duwet krajan. Video tersebut di unggah pada hari Minggu (31/10/2021) melalui akun Tiktok @kkn_duwetkrajan, akun Instagram @kkn.um.duwetkrajan dan akun Youtube KknDesa DuwetKrajan. Tujuan pembuatan video tersebut untuk lebih mengenalkan wisata dengan mempromosikan wisata alam yang ada di Desa Duwet Krajan, sehingga wisata yang ada tersebut semakin dikenal serta dapat meningkatkan pendapatan ekonomi penduduk.

Translate »
Skip to toolbar