Preaload Image

Pengalaman dan Prestasi Dari Nur Rochmad Zulfikar Maula Dika, Mahasiswa D3 Akuntansi Universitas Negeri Malang Angkatan 2019

Nur Rochmad Zulfikar Maula Dika, merupakan lulusan D3 Akuntansi Universitas Negeri Malang. Mahasiswa angkatan 2019 ini selama perkuliahan aktif dalam berbagai kegiatan baik pada bidang akademik maupun non akademik. 3 tahun di dunia perkuliahan, banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan mulai dari membuat karya tulis, memiliki pengalaman di dunia organisasi, kepanitiaan, hingga berbagai pengalaman kerja sejak tahun 2019. hal tersebut dilakukan untuk mencari berbagai pengalaman di bidang yang berbeda-beda serta juga belajar dari pengalaman yang dimiliki. 

Tahun 2019 Nur Rochmad Zulfikar Maula Dika atau biasa akrab dipanggil Dika menjadi wakil kepala divisi INFOKOM di organisasi badminton Economic Badminton Club 2019-2020 dan menjadi anggota divisi INFOKOM pada periode selanjutnya. Masuknya Dika dalam organisasi ini karena hobi yang dimiliki adalah bermain badminton dan kebetulan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM mewadahi hobi tersebut. Di ECO-BC sudah banyak kepanitiaan yang dijalani. Tahun 2020 menjadi panitia pendidikan, pengembangan, dan pelatihan anggota baru, panitia web seminar (webinar), dan panitia LKMO economic badminton club.

Tidak hanya sampai situ saja, Dika juga memiliki segudang pengalaman kerja dari 2019 hingga 2021. Pada tahun 2019 beliau menjadi surveyor proyek jasa marga. Di tahun 2020 menjadi asisten kreatif departemen akuntansi Universitas Negeri Malang. Menjadi asisten kreatif merupakan pencapaian besar yang dirasakannya. “Pencapaian terbesar selama kuliah yang pasti menjadi asisten kreatif jurusan akuntansi,” menurutnya keuntungan yang didapatkan yaitu pengalaman yang berharga bersama dengan para dosen khususnya dosen-dosen hebat departemen akuntansi. 

Pada tahun 2021 banyak pengabdian dan penelitian yang dilakukan seperti aktif dalam penelitian jurusan akuntansi di Desa Ngingit, Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Pada tingkat fakultas sempat mengikuti penelitian di Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang. Pengabdian masyarakat juga dilakukannya dengan program pengembangan keprofesian berkelanjutan Universitas Negeri Malang di Kampung Budaya Polowijen. “Biasanya saya menjadi anggota penelitian, tugas-tugasnya sih seputar mengumpulkan data dan mengolah data. Terkadang juga di beri kepercayaan untuk membuat artikel atas penelitian yang dilakukan” tutur Dika. Ditahun yang sama Dika menjadi panitia National Seminar on Accounting and Finance (NSAFE) dari series 1-10. “Kalau dibilang sibuk memang sibuk, tetapi waktu penelitian dan pengabdian ini menurutku bermanfaat dan membantu khususnya waktu membuat artikel penelitian.” tutur nya.

Di tengah-tengah kesibukan tersebut, Dika sempat menjadi mitra driver Shopefood dan pengalaman itu sangat melatih softskill. Dikarenakan tuntutan sebagai mitra yang harus berkomunikasi dengan orang dan sifat yang berbeda-beda. “Jadi mitra driver shopefood itu tantangan banget, karena kita harus bisa sabar dan bersikap profesional walaupun capek tapi tetep harus semangat.” Dika saat itu juga magang di  Vernon Office Malang, dan menjadi panitia workshop tentang literasi rumah tangga di Kasembon. Saat menjalankan magang di Vernon office, Dika ditugaskan sebagai akuntan. “Tugasku di Vernon Office itu merekonsiliasi penjualan dan pembayaran yang mereka lakukan.” Dari magang tersebut, manfaat yang didapatkan yaitu menjadi mengerti bagaimana pengolahan data menggunakan google sheet. Saat menjadi mahasiswa akuntansi, Dika aktif membuat karya tulis antara lain Prosiding National Seminar On Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) “Analisis Pelaksanaan Anggaran Fleksibel Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi Pada Pabrik Tempe Dampit – Kabupaten Malang” dan membuat buku berjudul “Spreadsheet Memahami Formula dalam Ms. Excel” dimana pembuatan tersebut dibimbing salah satu dosen departemen akuntansi Rizky Firmansyah, S.E., M.S.A.

Prinsip yang dipegang Nur Rochmad Zulfikar Maula Dika dalam menjalankan perkuliahan dan kegiatan-kegiatan lainnya yaitu  boleh untuk mengeluh tetapi semua pekerjaan harus tetap jalan. Sesusah apapun jalannya nantinya akan tetap sampai di tujuan. Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak, CSRS selaku ketua Departemen Akuntansi sangat mengapresiasi pencapaian dari mahasiswanya. “Mahasiswa akuntansi memang harus aktif banyak belajar dari siapa saja dan dari mana saja.” Dengan pengalaman yang didapat maka akan menambah hardskill dan softskill yang dimiliki. Nantinya pengalaman-pengalaman tersebut pasti akan berguna bagi masa depan. 

(Tim Asisten Kreatif Departemen Akuntasi, 2022)

Translate »
Skip to toolbar