Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Aktiva Pajak Tangguhan dan Kompensasi Manajemen Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)

Ramadani, Yuzvi Esia. 2016. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Aktiva Pajak Tangguhan dan Kompensasi Manajemen Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak., (II) Nujmatul Laily, S.Pd.,M.SA.
Kata Kunci: Beban Pajak Tangguhan, Aktiva Pajak Tangguhan, Kompensasi Manajemen, Manajemen Laba

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh beban pajak tangguhan, aktiva pajak tangguhan dan kompensasi manajemen terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014 sebanyak 71 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan, teknik pengambilan sampel mengunakan metode purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan logistic regression.
Hasil penelitian menunjukan bahwa beban pajak tangguhan dan aktiva pajak tangguhan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan kompensasi manajemen berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Keterbatasan penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari annual report dan sustainability report. Obyek penelitian hanya pada satu sektor perusahaan manufaktur yaitu sektor industri dasar dan kimia. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu bagi investor selalu menggunakan standar akuntansi dalam memberikan penilaian atas pencapaian kinerja keuangan perusahaan dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel lain yang mempengaruhi terjadinya praktik manajemen laba sehingga hasil penelitian ini dapat berkembang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *