Pengaruh Conscientiousness dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi yang Dimoderasi oleh Persepsi tentang Kecerdasan Spiritul (Survei pada Perguruan Tinggi di Kota Malang)

Nurkumalasari, Ika Sebti. 2016. Pengaruh Conscientiousness dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi yang Dimoderasi oleh Persepsi tentang Kecerdasan Spiritul (Survei pada Perguruan Tinggi di Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M (2) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak, CA.

Kata Kunci: Prestasi Akademik, Conscientiousness, Efikasi Diri, Persepsi tentang Kecerdasan Spiritual

Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dari proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalahconscientiousness, efikasi diri, dan persepsi tentang kecerdasan spiritual. Mahasiswa merasa tidak yakin terhadap kemampuannya dalam mengerjakan sesuatu dan kurang memiliki kesadaran belajar sehingga berakibat pada prestasi yang dihasilkan.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh conscientiousness dan efikasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi dengan persepsi tentang kecerdasan spiritual sebagai variabel moderator.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanasi yang menggunakan variabel Conscientiousness (X1), Efikasi Diri (X2), Persepsi tentang Kecerdasan Spiritual (Z), dan Prestasi Akademik (Y). Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik cluster proportional random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Strata 1 Jurusan Akuntansi angkatan 2014 Perguruan Tinggi di Kota Malang dengan pengambilan sub-populasi sebanyak 5 Perguruan Tinggi yang berjumlah 958 mahasiswa, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 282 mahasiwa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MRA (Moderated Rgresion Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial conscientiousness dan efikasi diri berpengaruh secara langsung terhadap prestasi akademik dan memberikan kontribusi sebesar 12,1% dan 11,8% danpersepsitentangkecerdasan spiritual sebagai variabel moderator dapat memperkuat pengaruh conscientiousness dan efikasi diri terhadap prestasi akademik dengan memberikan kontribusi sebesar 16,8% dan 16,1%. Variabel persepsi tentang kecerdasan spiritual merupakan jenis moderator semu. Prestasi akademik mahasiswa akuntansi akan meningkat jika dipengaruhi oleh conscientiousness dan efikasi diri serta mampu diperkuat oleh pesepsi tentang kecerdasan spiritual.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini memiliki keterbatasan berupa (a) prestasi akademik mahasiswa diukur menggunakan indeks prestasi, (b) teknik pengambilan data menggunakan penyebaran angket. Berdasarkan keterbatasan penelitian, disarankan bagi peneliti selanjutnya (a) nilai prestasi akademik diperoleh dengan cara dokumentasi (b) menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta menambah variabel independen, (c) teknik pengumpulan data dapat ditambah, seperti menggunakan teknik observasi dan wawancara sehingga data yang terkumpul dapat lebih lengkap dan mendalam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *