Pengaruh Dana Alokasi Umum dan Flypaper Effect Terhadap Belanja Daerah (Studi Pada Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Timur Tahun 2011 – 2013)

Zukri. 2016. Pengaruh Dana Alokasi Umum dan Flypaper Effect Terhadap Belanja Daerah (Studi Pada Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Timur Tahun 2011 – 2013). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak, (II) Dr. Suparti, M.P.
Kata Kunci: Dana Alokasi Umum, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah, Flypaper Effect
Objek utama dalam penelitian ini adalah Flypaper effect. Ini adalah suatu kondisi dimana pemerintah daerah merespon belanja lebih besar atau boros dengan menggunakan dana transfer (DAU). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah telah terjadi flypaper effect dalam penggunaan dana alokasi umum dan pendapatan asli daerah terhadap belanja daerah pada Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini mengacu pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Maimunah (2006).
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data laporan keuangan daerah. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yaitu sebanyak 38 Kota dan kabupaten.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dana alokasi umum dan pendapatan asli daerah berpengaruh signifikan positif terhadap belanja daerah. Deskripsi penelitian menyatakan bahwa pengaruh dana alokasi umum lebih besar daripada pendapatan asli daerah terhadap belanja daerah. Hal ini mengindikasikan bahwa telah terjadi flypaper effect. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa flypaper effect berpengaruh signifikan positif terhadap prediksi belanja daerah.
Untuk pemerintah pusat hendaknya lebih memperhatikan dalam mengalokasikan dana alokasi umum. Harus ada solusi dan formula khusus untuk mendukung dan menstimulasi pemerintah daerah dalam mengembangkan wilayahnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *