Pengaruh Etika Auditor dan Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang)

Rokhman, Maulidur 2016. Pengaruh Etika Auditor dan Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA. (II) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed.
Kata Kunci: Etika Auditor, Kompetensi Auditor, Kualitas Audit
Saat ini laporan keuangan yang digunakan oleh perusahaan tidak hanya sebagai penilaian kinerja namun juga digunakan oleh para investor dan kreditor dalam pengambilan suatu keputusan seperti sesuatu hal yang berkaitan dengan penanaman modal. Manajemen perusahaan membutuhkan pihak ketiga dalam memeriksa laporan keuangan agar laporan keuangan tersebut dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak luar dan dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan yang dikelola. Pihak ketiga tersebut adalah auditor independen yang bersifat kompeten dan memiliki etika yang baik dalam menghasilkan laporan audit. Namun hingga saat ini masih banyak terjadi kegagalan bisnis dan kerugian investasi pada perusahaan yang dikaitkan dengan kegagalan auditor yang mempengaruhi persepsi masyarakat yang menggunakan laporan keuangan atas kualitas audit. Hal ini menuntut auditor independen untuk selalu meningkatkan kualitas audit yang dihasilkan agar dapat menjalankan perannya dengan maksimal. Beberapa faktor yang diindikasi berpengaruh terhadap kualitas audit, yaitu kompetensi dan etika.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika auditor dan kompetensi auditor terhadap kualitas audit. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 auditor dari 4 KAP di Kota Malang yang keseluruhan dari populasi tersebut dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang dihasilkan dari kuesioner tersebut diuji menggunakan analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikansi (α) yaitu 0,05.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa etika auditor dan kompetensi auditor masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit. Penelitian ini juga menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,875. Hal ini mengindikasikah bahwa 87,5% variabel etika auditor dan kompetensi auditor mampu menerangkan kualitas audit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *