Pengaruh Gaya Kognitif Field Independent, Gaya Kognitif Field Dependent, dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi 1 Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri malang Angkatan 2014

Safitri, Rusdiana Mery. 2016. Pengaruh Gaya Kognitif Field Independent, Gaya Kognitif Field Dependent, dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi 1 Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri malang Angkatan 2014. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak, CA. (II) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak.

Kata Kunci: Field Independent, Field Dependent, Self Efficacy, Hasil Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel berupa gaya kognitif field independent, gaya kognitif field dependent, dan self efficacy terhadap hasil belajar Pengantar Akuntansi 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2014 sejumlah 149 mahasiswa dengan sampel penelitian 109 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Jenis data untuk variabel gaya kognitif field independent, gaya kognitif field dependent, dan self efficacy adalah data primer yang diukur menggunakan kuisioner. Untuk variabel hasil belajar menggunakan data sekunder berupa dokumen nilai Matakuliah Pengantar Akuntansi 1.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kognitif field independent berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Pengantar Akuntansi 1 dengan t_hitung (1,822) > t_(tabel ) 1,65895. Gaya kognitif field dependent juga berpengaruh negatif signifikan terhadap hasil belajar Pengantar Akuntansi 1 dengan t_hitung (2,580) > t_(tabel ) 1,65895. Dan self efficacy berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Pengantar Akuntansi 1 dengan t_hitung (4.674) > t_(tabel ) 1,65895.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan ; (1) bagi dosen sebaiknya menerapkan strategi pembelajaran yang mencakup semua gaya kognitif dan menunjang meningktatnya self efficacy sehingga diperoleh hasil belajar yang merata, (2) bagi mahasiswa hendaknya menerapkan cara belajar dan mengatur pola belajar sesuai dengan kecenderungan gaya kognitif yang dimiliki serta meningkatkan self efficacy. (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperluas populasi penelitian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *