Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Berbasis IFRS Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2013)

Arifina, Nur Aini. 2015. Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Berbasis IFRS Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2013). Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng, SE., M.A., M.M.Ak. (II) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: IFRS, Manajemen Laba Akrual, Manajemen Laba Riil

Salah satu isu dari IASB adalah adopsi IFRS sebagai standar internasional dapat mengurangi praktik manajemen laba. Konvergensi standar akuntansi ke IFRS telah membawa perubahan signifikan pada system akuntansi dan pelaporan seperti : menjadi bersifat principle based, banyak menggunakan fair value, dan membutuhkan pengungkapan yang lebih banyak dan rinci. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti bahwa standar internasional IFRS akan mengurangi manajemen laba perusahaan.
Objek penelitian ini adalah seluruh perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun yaitu periode tahun 2010-2013 dan menggunakan 37 perusahaan sebagai sampel dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan kegiatan analisis menggunakan uji perbedaan Paired Sample T-test.
Hasil tes menunjukkan bahwa secara statistik tidak ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat manajemen laba akrual dan manajemen laba riil melalui aktivitas biaya diskresioner abnormal. Namun terdapat perbedaan yang signifikan manajemen laba riil melalui aktivitas arus kas operasi abnormal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian standar akuntansi keuangan berbasis IFRS di Indonesia belum menjamin dapat menurunkan tingkat praktik manajemen laba.
Berdasarkan hasil di atas, disarankan untuk penelitian selanjutnya menggunakan analisis lanjutan seperti uji regresi logistic dengan menambahkan variabel lain sehubungan dengan penerapan standar akuntansi berbasis IFRS ini seperti relevansi nilai, ukuran perusahaan, financial leverage, dan institutional investors.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *