Pengaruh Indeks Saham Dow Jones (DJIA), Nilai Tukar (Kurs) Rupiah/Dollar, Tingkat Suku Bunga SBI, dan Inflasi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2014

Suryono, Dhanan. 2016. Pengaruh Indeks Saham Dow Jones (DJIA), Nilai Tukar (Kurs) Rupiah/Dollar, Tingkat Suku Bunga SBI, dan Inflasi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E., MCom (II) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA

Kata Kunci: DJIA, Kurs, SBI, Inflasi, IHSG
Keberadaan lembaga pasar modal sangat membantu pelaku ekonomi dan investor dalam mencari alternatif pendanaan kegiatan usaha dan juga investor yang akan berinvestasi. Pasar modal yang sedang mengalami peningkatan atau mengalami penurunan dapat dilihat dari perubahan harga-harga saham yang tercatat serta tercermin melalui suatu pergerakan indeks atau lebih dikenal dengan indeks harga saham. Sesuai dengan teori sinyal dan teori Keyness, informasi yang tersedia di pasar modal dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi investor dalam menentukan keputusan investasi. Salah satu indeks saham di Indonesia adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG adalah nilai yang digunakan untuk mengukur kinerja gabungan seluruh saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan IHSG, baik faktor yang rasional atau yang irrasional menjadi informasi krusial sebelum investor menentukan keputusan investasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indeks saham Dow Jones, nilai tukar (kurs) rupiah/dollar, suku bunga SBI, dan inflasi terhadap IHSG periode 2009-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner dan data sekunder yang bersumber dari website. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang didahului uji normalitas dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks saham Dow Jones berpengaruh positif terhadap pergerakan IHSG. Sedangkan nilai tukar (kurs), tingkat suku bunga SBI, dan tingkat inflasi berpengaruh negatif terhadap pergerakan IHSG. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para investor, serta bermanfaat bagi penelitian selanjutnya. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat melibatkan lebih banyak perusahaan dan dapat menambahkan pertanyaan-pertanyaan lain dalam kuesioner untuk mendukung data primer penelitian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *