Pengaruh Intellectual Capital (IC) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2013

Faradish , Anisah. 2015. Pengaruh Intellectual Capital (IC) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2013. Skripsi, Program Studi Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Puji Handayanti, S.E., Ak, M.M., C.A., C.M.A (II) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si.,Ak

Kata Kunci : Modal Intelektual, Kinerja Keuangan Perusahaan, Bursa Efek Indonesia

Bank adalah lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan antara pihak-pihak yang memiliki dana dengan pihak-pihak yang memerlukan dana serta berperan memperlancar arus lalu lintas pembayaran. Kinerja keuangan industri perbankan merupakan hal yang fundamental yang mendasari kondisi keuangan industri perbankan. Kinerja keuangan ini dapat dianalisis dengan beberapa rasio seperti: Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Profit Margin (NPM), Net Performing Loan (NPL), Return On Asset (ROA), dan Loan to Deposit Ratio (LDR). Industri perbankan adalah sektor yang paling intensif IC-nya. Tujuan penelitian ini adalah memberikan bukti empiris tentang pengaruh IC pada kinerja keuangan industri perbankan di Indonesia .
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan rancangan penelitian ini berupa Eksplanatory Research. Sampel penelitian sebanyak 95 perusahaan perbankan pada Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) IC berpengaruh secara signifikan terhadap rasio CAR perusahaan perbankan (nilai signifikansi sebesar 0,001); (2) IC berpengaruh tidak signifikan terhadap rasio NPM perusahaan perbankan (nilai signifikansi sebesar 0,854); (3) IC berpengaruh tidak signifikan terhadap rasio NPL perusahaan perbankan (nilai signifikansi sebesar 0,551); (4) IC berpengaruh tidak signifikan terhadap rasio ROA perusahaan perbankan (nilai signifikansi sebesar 0,196); serta (5) IC berpengaruh signifikan terhadap rasio LDR perusahaan perbankan (nilai signifikansi sebesar 0,044).
Adapun saran yang dapat disampaikan penulis bagi penelitian selanjutnya adalah menguji semua komponen IC, serta menguji pengaruh IC terhadap seluruh komponen CAMEL secara bersama menggunakan uji anova.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *