Pengaruh Kebijakan Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) Terhadap Reaksi Pasar Saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016

Else, Yunesty Tippani. 2017. Pengaruh Kebijakan Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) Terhadap Reaksi Pasar Saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

Kata Kunci: Studi Peristiwa, Teori Pesinyalan, Hipotesis Pasar Efisien, Pengampunan Pajak

Peristiwa politik menjadi sinyal pengambilan keputusan investasi para investor karena peristiwa tersebut berpengaruh secara makro. Bentuk efisiensi pasar modal mempengaruhi kecepatan sinyal ditangkap oleh para investor, jenis dari investor menentukan jumlah return investasi. Untuk mengetahui reaksi pasar modal saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap peristiwa penetapan kebijakan pengampunan pajak (Tax Amnesty), bentuk efisiensi pasar, kecepatan penangkapan sinyal dan jenis dari investor maka dilakukan penelitian event study deskriptif dengan 20 saham BUMN sebagai sampel penelitian.
Selama periode pengamatan terbentuk abnormal return positif dan negatif dengan pergerakan yang fluktuatif. Perubahan signifikan terjadi pada post event t+2 dan t+3, dengan pergerakan abnormal return cukup konsisten pada hari-hari sebelumnya. Terjadi kebocoran informasi sebelum peristiwa dipublikasi yang menandakan bentuk efisiensi pasar Indonesia adalah setengah kuat (semistrong form). Jenis investor indonesia tergolong investor yang enggan atau menghindari risiko (risk averse investor). Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan metode perhitungan dan time periode yang berbeda dari penelitian ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *