Pengaruh Kebijakan Penghematan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan: Transparansi Informasi Sebagai Variabel Moderasi (Perusahaan manufaktur yang Listed pada BEI tahun 2012-2014)

Sari, Nawang. 2016. Pengaruh Kebijakan Penghematan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan: Transparansi Informasi Sebagai Variabel Moderasi (Perusahaan manufaktur yang Listed pada BEI tahun 2012-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sunaryanto, M.Ed., (II) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.si., Ak. CA.

Kata kunci : penghematan pajak, transparansi, nilai perusahaan

Penghematan pajak adalah upaya perusahaan untuk menekan beban pajak sekecil mungkin untuk meningkatkan laba perusahaan. Penghematan pajak merupakan bagian dari kebijakan yang dilakukan oleh manajer. Dengan cara melakukan penghematan pajak dapat meminimalkan biaya pajak yang dibayarkan kepada pemerintah sehingga akan memberikan pengaruh positif pada nilai perusahaan. Pasar akan bereaksi positif jika perusahaan lebih transparan atas semua informasi tentang kebijkan penghematan yang dilakukan. Dalam mewujudkan transparansi perusahaan harus menyediakan informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan atas kebijakan penghematan pajak terhadap nilai perusahaan dengan transparansi informasi sebagai pemoderasi. Variabel penghematan pajak diukur menggunakan Efective Tax Rate dan variabel nilai perusahaan diukur menggunakan Tobins Q.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dan menggunakan analisis data inferensial. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan non-perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2014. Data sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling dengan lima kriteria yang telah ditentukan. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi t dan uji MRA.
Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa hipotesis satu ditolak karena angka yang diperoleh lebih besar dari angka signifikansi dan hipotesis dua diterima karena nilai β2 dan β3 sama dengan nol. Sehingga didapat dua simpulan dari penelitian ini. Pertama, tinggi rendahnya nilai ETR tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Kedua semakin tinggi transparansi suatu perusahaan membuat perusahaan yang melakukan penghematan pajak dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *