Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang)

Andriani, Vino Richa. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si. Ak. (II) Dr. Hj. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak, CA, CMA.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, dan Prestasi Akademik.

Prestasi akademik merupakan tolok ukur berhasil atau tidaknya mahasiswa dalam bidang akademik. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik diantaranya adalah kecerdasan emosional dan kepercayaan diri. Kecerdasan emosional adalah kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati, berempati serta kemampuan bekerja sama. Kepercayaan diri adalah kesadaran yang kuat tentang kemampuan diri sendiri, memiliki dorongan prestasi serta dapat mengenal kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderator.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk menguji hubungan antar variabel. Populasi adalah mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang yang berjumlah 150 mahasiswa, dengan sampel yang digunakan sebanyak 109 mahasiswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kecerdasan emosional dan kepercayaan diri diperoleh dari data primer yakni dengan teknik kuesioner, prestasi akademik juga diperoleh dari Indeks Prestasi yang diisikan pada kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik secara langsung dan dapat diperkuat oleh kepercayaan diri. disarankan kepada pihak kampus agar tetap memperhatikan factor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi dan meningkatkan prestasi akademik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *