Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Gaya Kognitif Tipe Field Independent terhadap Prestasi Akademik Akuntansi Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Pemoderasi

Putri, Anestya Mustika. 2017. Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Gaya Kognitif Tipe Field Independent terhadap Prestasi Akademik Akuntansi Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Kecerdasan Logis-Matematis, Gaya Kognitif Field Independent, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik

Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi memiliki misi menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berkualitas di bidang pendidikan akuntansi. Oleh karena itu, mahasiswa harus memahami akuntansi dengan baik. Prestasi akademik merupakan tolak ukur keberhasilan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan, dalam penelitian ini prestasi akademik yang digunakan adalah Indeks Prestasi Akuntansi Keuangan Menengah 1. Prestasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kecerdasan logis-matematis, gaya kognitif tipe field independent, dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis dan gaya kognitif tipe field independent terhadap prestasi akademik dengan motivasi sebagai variabel pemoderasi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Variabel penelitian yang digunakan adalah kecerdasan logis-matematis, gaya kognitif tipe field independent, prestasi akademik, dan motivasi belajar. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 yang berjumlah 149 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan tabel krejcie sehingga diperoleh jumlah sampel 103 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan logis-matematis dan gaya kognitif tipe field independent berpengaruh secara langsung terhadap prestasi akademik dengan memberikan kontribusi sebesar 43,1% dan 20,5%. Motivasi belajar sebagai variabel moderator dapat memperkuat pengaruh kecerdasan logis-matematis dan gaya kognitif tipe field independent terhadap prestasi akademik dengan memberikan kontribusi sebesar 37,9% dan 26,6%. Variabel motivasi belajar merupakan jenis variabel quasi moderator. Prestasi akademik meningkat jika dipengaruhi oleh kecerdasan logis-matematis dan gaya kognitif tipe field independent serta dapat diperkuat oleh motivasi belajar.
Penelitian ini mengajukan beberapa saran yaitu mahasiswa akuntansi, perlu adanya kemauan untuk meningkatkan kecerdasan logis-matematis salah satu caranya dengan giat belajar matematika, Jurusan Akuntansi diharapkan dapat menambahkan matakuliah matematika ke dalam kurikulum sehingga intensitas pembelajaran matematika di perkuliahan dapat meningkat, serta dapat menambahkan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara agar hasil penelitian lebih akurat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *