Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Se-Kota Blita

Wahyuni, Amalia. 2016. Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Se-Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. (II) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci : Kecerdasan Logis-Matematis, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Akuntansi

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan logis matematis dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK jurusan akuntansi se-kota Blitar tahun ajaran 2015-2016 dengan sampel sebanyak 133 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan logis matematis dan keterampilan metakognitif berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu, 1) Waktu pengerjaan tes kurang, 2) Indikator dalam tes tidak dikelompokkan sehingga tergabung ke dalam satu paket soal, 3) Sebagian soal dalam tes belum diajarkan, 4) keterampilan metakognitif memiliki pengaruh langsung terhadap hasil belajar. Disarankan kepada, 1) Peneliti selanjutnya agar memperhitungkan waktu saat validasi, menjabarkan indikator kecerdasan logis matematis, memperhatikan jenis soal, memberikan pengaruh secara langsung dalam penelitian. 2) Sekolah, dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk seleksi siswa ke jenjang SMK. 3) Guru, memperhatikan keterampilan metakognitif dan mengembangkan kecerdasan logis matematis. 4) Siswa, menggunakan kecerdasan logis matematis dan keterampilan metakognitif dengan maksimal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *