Pengaruh Kemampuan Matematika dan Kemampuan Interpersonal terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Pemoderasi

Wahyuningsih, Tri. 2016. Pengaruh Kemampuan Matematika dan Kemampuan Interpersonal terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak, (2) Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci: Kemampuan Matematika, Kemampuan Interpersonal, Efikasi Diri, Prestasi Akademik

Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi memiliki misi menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berkualitas di bidang pendidikan akuntansi. Oleh karena itu, mahasiswa harus memahami akuntansi dengan baik. Prestasi akademik merupakan tolak ukur keberhasilan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan, dalam penelitian ini prestasi akademik yang digunakan adalah Indeks Prestasi Pengantar Akuntansi I, Pengantar Akuntansi II, Akuntansi Keuangan Menengah I, Akuntansi Keuangan Menengah II, dan Akuntansi Keuangan Lanjuatan I. Prestasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kemampuan matematika, kemampuan interpersonal, dan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan matematika dan kemampuan interpersonal terhadap prestasi akademik dengan efikasi diri sebagai variabel moderator.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi.Variabel penelitian yang digunakan adalah kemampuan matematika, kemampuan interpersonal, prestasi akademik, dan efikasi diri. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang berjumlah 176 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel 122 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan matematika dan kemampuan interpersonal berpengaruh secara langsung terhadap prestasi akademik dengan memberikan kontribusi sebesar 2,6% dan 15,5%. Efikasi diri sebagai variabel moderator dapat memperkuat pengaruh kemampuan matematika dan kemampuan interpersonal terhadap prestasi akademik dengan memberikan kontribusi sebesar 10,5% dan 20,8%. Variabel efikasi diri merupakan jenis moderator semu. Prestasi akademik akan meningkat jika dipengaruhi oleh kemampuan matematika dan kemampuan interpersonal serta dapat diperkuat oleh efikasi diri.
Penelitian ini memiliki keterbatasan berupa (a) materi matematika yang dikaitkan dengan materi akuntansi hanya sebagian kecil dari konsep matematika (b) kuesioner yang dibuat peneliti tidak mengakomodasi penjelasan di luar perihal yang ditanyakan. Disarankan bagi Jurusan Akuntansi menambah mata kuliah matematika, dan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah materi matematika yang berkaitan dengan akuntansi, serta dapat menambahkan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara agar hasil penelitian lebih akurat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *