Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa tentang Lingkungan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X dan XI Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri

Bekti, Anugerah Anggowo. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa tentang Lingkungan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X dan XI Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc (2) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Lingkungan Skolah.

Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain kemandirian belajar dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas X dan XI jurusan akuntansi SMK Negeri 2 Kediri.
Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas X dan XI Akuntansi SMKN 2 Kediri yang berjumlah 358 siswa, dengan sampel berjumlah 189 siswa. Teknik sampling yakni random sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan kuisioner.Rancangan penelitian ini adalah eksplanasi dengan variabel kemandirian belajar (X1), persepsi siswa tentang lingkungan sekolah (X2), dan prestasi belajar akuntansi siswa (Y). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis uji linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian dan persepsi siswa tentang lingkungan sekolah berperngaruh secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Keterbatasan dalam penelitian ini berupa digunakannya aspek lingkungan non fisik pada variabel lingkungan sekolah, subjek penelitian hanya pada satu sekolah, dan menggunakan teknik angket dalam pengumpulan data. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperbaiki dalam variabel lingkungan yang digunakan, memperluas subjek penelitian, dan menggunakan teknik observasi dalam pengumpulan data kemandirian belajar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *