Pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Komite Audit, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing di Bursa Efek Indonesia

Dewi, Cintia Yashinta. 2016. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Komite Audit, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Jurusan Ekonomi Akuntansi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak., CA., CMA., (2) Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Komite Audit, Profitabilitas

Corporate Social Responsibility adalah kegiatan sosial perusahaan terhadap kelompok-kelompok tertentu seperti karyawan, masyarakat sekitar dan lingkungan sebagai akibat kegiatan ekonomi perusahaan.Tujuan perusahaan melakukan corporate social responsibility adalah untuk mendapat legitimasi dari masyarakat, citra yang baik dimata stakeholders dan pemenuhan peraturan seperti Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit, dan profitabilitas terhadap corporate social responsibility.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksplanatori. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis terhadap pengungkapan corporate social responsibility dalam laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini dilakukan tehadap perusahaan manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda (multiple regression) dengan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR dalam perusahaan manufkatur di Indonesia sangat beragam. Penelitian ini meneliti bagaimana pengaruh kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit, dan profitabilitas terhadap pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, dan ukuran komite audit berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR.Variabel profitabilitas menunjukkan hasil yang berbeda yaitu berpengaruh negative terhadap pengungkapan CSR Berdasarkan hasil penelitian, saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar selalu update terhadap standar yang digunakan dalam penentuan pengungkapan CSR sesuai dengan keadaan internal dan eksternal perusahaan serta kondisi sosial lingkungan masyarakat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *