Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Hutang sebagai Intervening

Jegalus, Yohanes. 2013. Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Hutang sebagai Intervening. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari, S.Pd, M.M., (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E, M.Si, Ak.

Kata Kunci : Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Nilai Perusahaan, Agency Theory.

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh kepemiikan manajerial dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan hutang sebagai Intervening. Penelitian ini mengambil sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia peiode 2012-2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dan analisis jalur.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, penelitian ini menemukan bukti bahwa (1) Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menyatakan adanya kepemilikan manajerial akan menurunkan nilai perusahaan, hal ini dikarenakan belum banyak manajer perusahaan manufaktur memiliki saham perusahaan yang jumlahnya cukup kecil. (2) Kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen mampu menjadi mekanisme untuk meningkatkan nilai perusahaan. (3) Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang. (4) Kebijakan Dividen tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang.
Berdasarkan hasil analisis jalur, penelitian ini menemukan bukti bahwa (1) Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dengan melalui kebijakan hutang. (2) Kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan hutang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *