Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEI Tahun 2011-2014)

Prastika, Cindy Ayu. 2016. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEI Tahun 2011-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak, CA (2) Dr. Dodik Juliardi, SE., M. M., Ak

Kata Kunci : Keputusan Investasi, Pendanaan, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan.

Setiap perusahaan memiliki keinginan untuk terus tumbuh dan berkembang. Tujuan jangka panjang ini dapat tercapai apabila manajemen keuangan melakukan fungsinya dengan baik sehingga dapat maningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode 2011-2014. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 38 dari populasi sebanyak 121. Sumber data yang digunakan adalah laporan keuangan tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, keputusan investasi yang diproyeksikan dengan PER berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Kedua, keputusan pendanaan yang diproyeksikan dengan DER berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Ketiga, profitabilitas yang diproyeksikan dengan ROE berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Saran bagi perusahaan hendaknya melakukan peningkatan nilai perusahaan dengan mengambil keputusan tentang pengeluaran modal perusahaan untuk investasi dan pendanaan serta peningkatan profitabilitas usahanya dengan benar. Saran bagi investor hendaknya memilih perusahaan yang mampu meningkatkan hasil labanya Saran bagi peneliti selanjunya selain menggunakan data sekunder, peneliti juga dapat menggunakan data primer, memperbanyak variabel penelitian, dan menambahkan periode-periode penelitian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *