Pengaruh Kesadaran, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey pada Rumah Kos di Kecamatan Lowokwaru)

Handayani, Ucik. 2016. Pengaruh Kesadaran, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey pada Rumah Kos di Kecamatan Lowokwaru). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA, (II) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed.
Kata Kunci: kesadaran, sanksi perpajakan, kualitas pelayanan fiskus, kepatuhan wajib pajak.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya tunggakan pajak rumah kos tahun 2014 dan 2015 di Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran, sanksi perpajakan dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak rumah kos di Kecamatan Lowokwaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi wajib pajak rumah kos di Kecamatan Lowokwaru yang sudah terdaftar pada kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Hingga akhir Juli 2015 terdapat 673 rumah kos. Pengambilan sampel dengan metode proportional random sampling yang berjumlah 87 rumah kos dan tersebar di 8 kelurahan. Metode pengumpulan data yakni dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi logistik dengan menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 21 for Windows. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa kesadaran, sanksi perpajakan dan kualitas pelayanan fiskus tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dimungkinkan karena penerapan pajak rumah kos yang masih tergolong baru yakni pada awal tahun 2014 disertai dengan kurangnya sosialisasi dari pihak Dispenda Kota Malang terkait dengan peraturan tersebut. Sehingga masih rendahnya pengetahuan wajib pajak rumah kos di Kecamatan Lowokwaru membuat ketiga variabel bebas yang disebutkan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak rumah kos. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji faktor lain yang diduga mempengaruhi kepatuhan wajib pajak rumah kos.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *