Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Rumah Kos Di Kota Malang

Ike, Lushinta S. 2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Rumah Kos Di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak. CA (II) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

Kata Kunci: kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak

Latar belakang penelitian ini masih banyaknya tunggakan pajak rumah kos tahun 2014 dan 2015 di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak rumah kos di Kota Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak rumah kos yang terdaftar pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dengan pengambilan sampel convenience sampling method. Sumber data diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada 91 wajib pajak rumah kos yang tersebar di 5 kecamatan se-Kota Malang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda menggunakan bantuan SPSS 21 for windows.
Hasil dari penelitian ini kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Ketika wajib pajak menyadari fungsi pajak dengan baik maka wajib pajak akan memenuhi kewajiban perpajakananya secara sukarela sehingga kepatuhan wajib pajak akan meningkat. Persepsi wajib pajak akan sanksi juga mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak. Wajib pajak akan patuh pajak apabila merasa sanksi pajak yang diterima akan lebih merugikan jika tidak membayar pajak. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji faktor lain yang diduga mempengaruhi kepatuhan wajib pajak rumah kos dan memperluas objek pajak hotel selain pajak rumah kos seperti wisma, losmen, penginapan, dan mess yang dianggap memiliki potensi dalam meningkatkan pajak daerah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *