Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Ardjuna 2 Malang

Putri, Selly Cahyaning. 2016. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Ardjuna 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi,Fakltas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si, Ak. (II) Dr. H. Eka Ananta Sidharta, S.E, M.M. Ak, CA

Kata kunci : Keterlibatan Orang Tua, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Prestasi Belajar

Tingkat prestasi belajar siswa sangat beragam dan dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Keterlibatan orang tua, interaksi sosial teman sebaya merupakan contoh faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar. Keterlibatan orang tua siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang berbeda-beda, sebagian memiliki peran yang besar dan sebagian belum berperan secara maksimal. Pada tiap kelas ditemukan bahwa siswa terbagi menjadi kelompok sebaya tertentu, namun juga ada yang tidak mempunyai kelompok sebaya di kelas. Sesuai teori Burden dan Kinderman, keterlibatan orang tua dan interaksi sosial teman sebaya dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar pengantar akuntansi siswa Kelas X SMK Ardjuna 2 Malang, (2) pengaruh interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar pengantar akuntansi siswa Kelas X SMK Ardjuna 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Eksplanatory Research. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang yang berjumlah 78 siswa, dengan sampel yang diteliti sejumlah 45 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh signifikan antara keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar pengantar akuntansi siswa Kelas X SMK Ardjuna 2 Malang, (2) terdapat pengaruh signifikan antara interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar pengantar akuntansi siswa Kelas X SMK Ardjuna 2 Malang. Bedasarkan hasil penelitian ini, disarankan : (1) orang tua dapat lebih meningkatkan keterlibatannya dalam proses pendidikan anaknya, (2) guru lebih memperhatikan siswanya apabila mengalami masalah baik dengan orang tua maupun teman sebaya, (3) penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkombinasikan variabel lain yang belum dikaji, sehingga berguna sebagai tambahan pengetahuan, kajian dan referensi untuk permasalahan yang berkaitan dengan masalah penelitian ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *