Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Pengungkapan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014)

Dewi, Pepi Trisna. 2016. Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Pengungkapan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak, C.A. (2) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA

Kata Kunci : Kinerja Lingkungan, Pengungkapan Lingkungan, Kinerja Keuangan Perusahaan.

Seiring dengan semakin berkembangnya persaingan usaha, banyak perusahaan melakukan segala cara untuk mempertahankan kegiatan produksinya tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan sekitar. Munculnya berbagai organisasi dan pemerhati lingkungan saat ini, telah menambah kesadaran perusahaan akan menjaga kelestarian lingkungannya.
Perusahaan sebagai entititas bisnis tidak hanya beroperasi untuk kepentingannya sendiri, tetapi juga untuk kepentingan stakeholdernya. Dalam hal ini, beberapa perusahaan telah berusaha untuk menjaga bahkan meningkatkan kinerja lingkungan kemudian mengungkapkan informasi tersebut kepada stakeholder. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan stakeholder terhadap kinerja perusahaan. Namun, perusahaan perlu menambahkan biaya tambahan untuk melakukan tindakan pelestarian lingkungan dan pengungkapannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Kinerja lingkungan sebagai variabel independen diukur melalui peringkat PROPER. Variabel pengungkapan lingkungan diukur dengan indikator GRI yang berfokus pada pengungkapan lingkungan dengan jumlah pengungkapakan sebesar 34. Sedangkan variabel kinerja keuangan diukur dengan nilai MVA. Sampel penelitian ini adalah 22 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan mengikuti kegiatan PROPER pada tahun 2013-2014. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Sedangkan pengungkapan lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel dan sampel lain diluar penelitian ini, sehingga hasil yang didapat lebih bervariatif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *