Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)

Rohmaningtyas, Mustika. 2016. Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). Skripsi, jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak, (2) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Kinerja Lingkungan, Pengungkapan Lingkungan, Earning Per Share

Pengelolaan dan pelestarian lingkungan merupakan salah satu upaya perusahaan dalam memposisikan diri di tengah lingkungan masyarakat sekitarnya. Semakin baik kinerja lingkungan yang dilakukan perusahaan dan memberikan kontribusi yang baik bagi lingkungan dan masyarakat, maka semakin tinggi pula pengungkapan lingkungan yang dilakukan perusahaan didalam laporan tahunan atau sustainibility report. Adanya pengungkapan informasi mengenai kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan maka akan berdampak positif terhadap kinerja keuangan suatu perusahaan karena laba meningkat nantinya akan mempengaruhi peningkatan earning per share perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan (PROPER) dan pengungkapan lingkungan (Indeks IER) terhadap kinerja keuangan (EPS) perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2014.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2014 sejumlah 138 perusahaan dan 21 perusahaan yang menjadi sampel penelitian dengan teknik purposive sampling. Total sampel 42 sampel selama 3 tahun. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dimulai dari tahap uji asumsi klasik kemudian analisis regresi berganda, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh dua simpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal ini berarti semakin tinggi kinerja lingkungan maka akan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Selanjutnya pengungkapan lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Hal ini berarti bahwa informasi yang terdapat dalam laporan tahunan kurang mendapat respon oleh shareholder untuk digunakan dalam dasar pengambilan keputusan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *