Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Listing di BEI Sepanjang Kurun Waktu 2010-2014)

Rahmawati, Dewi. 2016. Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Listing di BEI Sepanjang Kurun Waktu 2010-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sawitri Dwi Prastiti S.E., M.Si., Ak. (2) Dr. Puji Handayati, S.E, M.M., Ak . CA, C.MA

Kata Kunci: Kinerja Lingkungan, CSR Disclosure, Kinerja Keuangan.

Kinerja lingkungan merupakan suatu ukuran usaha dari perusahaan dalam menciptakan lingkungan yang baik. Konsep dari kinerja lingkungan berdasar pada triple bottom lines, dimana selain aspek keuangan juga terdapat konsep sosial dan lingkungan yang harus diperhatikan perusahaan. Perusahaan diharapkan tidak hanya berfokus pada maksimalisasi laba saja tanpa memperpedulikan dampak yang dirasakan oleh pihak stakeholder yang dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup dari perusahaan.
Penelitian tentang pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan masih menghasilkan berbagai kesimpulan yang beragam, sehingga perlu dilakukan penelitian kembali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan sektor pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia. Dari populasi tersebut kemudian digunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel melalui kriteria-kriteria penelitian dan diperoleh 7 sampel perusahaan yang terdaftar sebagai peserta PROPER Kementrian Lingkungan Hidup selama periode 2010-2014. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis dengan teknik analisis jalur (path analysis). Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan tingkat signifikansi 5% serta pengujian analisis ysng menggunakan program SPSS 16.0.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, (2) kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure, (3) Corporate Social Responsibility Disclosure berpengaruh positif terhadap kinerja keuagan, (4) tidak terdapat pengaruh antara kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan melalui Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai variabel intervening. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu penelitian ini hanya mengukur reaksi dari pihak investor dan penelitian ini hanya menggunakan informasi secara fundamental.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *