Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Laba Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan, Energi, dan Migas yang Listing di BEI Tahun 2010-2014

Saraswati, Maretha Dwi. 2016. Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Laba Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan, Energi, dan Migas yang Listing di BEI Tahun 2010-2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak., CA., CMA (2) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak., CA.

Kata Kunci : Kinerja Lingkungan, Laba Perusahaan, PROPER, Pertambangan

Kinerja lingkungan merupakan hasil yang dapat diukur dari sistem manajemen lingkungan, yang terkait dengan kontrol aspek-aspek lingkungannya. Saat ini investor dalam berinvestasi tidak hanya memperhatikan kinerja keuangan perusahaan, namun juga memperhatikan informasi sosial perusahaan. Selain itu, perusahaan dengan kinerja lingkungan yang baik perlu mengungkapkan informasi kuantitas dan mutu sosial lingkungan, agar lebih dapat meningkatkan kepercayaan dimata masyarakat.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan dan laba perusahaan, untuk menguji apakah terdapat pengaruh kinerja lingkungan terhadap laba perusahaan pada tahun berikutnya pada perusahaan pertambangan, energy, dan migas yang listing di BEI pada tahun 2010-2014. Alat ukur yang digunakan untuk menilai kinerja lingkungan yaitu menggunakan peringkat PROPER. Jumlah perusahaan pertambangan, energy, dan migas yang dijadikan sebagai sampel adalah 8 perusahaan dengan pengamatan selama 4 tahun. Berdasarkan metode purposive sampling total sampel penelitian adalah 32 laporan PROPER dan laporan keuangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dengan uji asumsi klasik yaitu uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.
Hasil penelitian menunjukkan kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap laba perusahaan. Nilai R square atau koefisien determinasi adalah sebesar 0,121 yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas kinerja lingkungan memiliki pengaruh kontribusi sebesar 12,1% terhadap variabel dependen laba perusahaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *