Pengaruh Kinerja Lingkungan, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2013-2014)

Gusnardiyanto, Wahyu. 2016. Pengaruh Kinerja Lingkungan, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2013-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak, (II) Ika Putri Larasati, S.E., M.com.

Kata Kunci: kinerja lingkungan, ukuran perusahaan, profitabilitas, Islamic Social Reporting, nilai perusahaan.

Salah satu tujuan yang ingin dicapai perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan menggambarkan tingkat kemakmuran para pemegang saham. Nilai perusahaan tercermin pada harga saham perusahaan. Harga saham dipengaruhi oleh berbagai informasi yang beredar di pasar, baik informasi keuangan maupun informasi non-keuangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh variabel kinerja lingkungan, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan Islamic Social Reporting (ISR) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini mengambil 28 perusahaan yang yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia tahun 2013-2014 dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan, laporan keuangan, dan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Analisis data menggunakan statistik uji asumsi klasik dan uji analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung: (1) kinerja lingkungan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) Islamic Social Reporting berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, (5) kinerja lingkungan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Islamic Social Reporting, (6) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Islamic Social Reporting, dan (7) profitabilitas berpengaruh negatif tidak sigifikan terhadap Islamic Social Reporting. Secara tidak langsung, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan melalui Islamic Social Reporting.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *