Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance (Studi Kasus pada Badan Jaminan Sosial Kesehatan di Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar Kota Malang)

Islami, Diah Fitri. 2016. Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance (Studi Kasus pada Badan Jaminan Sosial Kesehatan di Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak., CA. (II) Dr. H. CiptoWardoyo, SE., M.Pd., M.Si., Ak.

Kata kunci: komitmen organisasi, prinsip-prinsip GCG

Pengembangan jaminan sosial, termasuk di dalamnya jaminan kesehatan, yang bertujuan untuk memungkinkan setiap orang mengembangkan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat. BPJS kesehatan yang awal mulanya banyak diminati warga, khususnya warga kurang mampu karena tergolong murah dalam penanganan segala penyakit. Tapi, dalam pelaksanaanya program jaminan sosial kesehatan ini masih banyak kekurangan, belum optimalnya pelayanan bagi peserta maupun rumitnya proses administrasi bagi peserta, serta tuntutan masyarakat akan penyelenggaraan dan penciptaan lembaga-lembaga sektor publik yang good corporate governance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap penerapan prinsip-prinsip GCG pada BPJS Kesehatan di RSSA Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan Resources Based Theory yang menyebutkan bahwa sumber daya manusia (SDM) bagi perusahaan merupakan aset yang tak ternilai harganya. Maju mundurnya perusahaan sangat bergantung pada kualitas SDM yang dimiliki. Perusahaan harus dapat memanfaaatkan dan mengelola segala sumber daya yang dimilikinya untuk menciptakan keunggulan kompetitif sehingga dapat menciptakan nilai bagi perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat penelitian. Metode sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang berkerja pada bagian BPJS sebanyak 60 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan prinsip-prinsip GCG sebesar 32,5%.
Saran untuk RSSA Malang adalah (1) diharapkan dapat menerapkan prinsip GCG, yaitu prinsip keterbukaan, agar transparan dan tidak menimbulkan keresahan dan penurunan motivasi kerja, (2) untuk menciptakan komitmen organisasi yang baik dan meningkatkan motivasi serta integritas karyawan yang ada dalam organisasi, sebaiknya pihak manajemen rumah sakit mengupayakan untuk melakukan penyertaan pegawai dalam pengambilan keputusan atau kebijakan menyangkut pegawai. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah (1) meningkatkan nilai koefisien determinasi, dengan meneliti variabel lain yang berpengaruh terhadap penerapan prinsip GCG, (2) dilengkapi dengan teknik pengumpulan data melalui instrumen penelitian wawancara sehingga hasil yang diberikan bisa lebih akurat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *