Pengaruh Kompetensi Dosen Akuntansi dalam Mengajar Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Tentang Akuntansi IFRS

Nur. H, Alfin. 2016. Pengaruh Kompetensi Dosen Akuntansi dalam Mengajar Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Tentang Akuntansi IFRS. Skripsi, S1 Prodi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed, (II) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci: kompetensi dosen akuntansi, mahasiswa, pemahaman akuntansi IFRS

Sebagai salah satu tenaga pendidik profesional, dosen dituntut untuk menguasai beberapa kompetensi guna menunjang proses pembelajaran. Kompetensi tersebut diantaranya yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi dosen akuntansi dalam mengajar yang dipersepsikan oleh mahasiswa dan pengaruh kompetensi dosen terhadap tingkat pemahaman mahasiswa tentang akuntansi IFRS.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi. Variabel bebas penelitian ini adalah kompetensi dosen akuntansi dalam mengajar dan variabel terikat penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa tentang akuntansi berstandar IFRS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang sebanyak 870 mahasiswa dengan sampel penelitian sebanyak 284 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling, sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang terkumpul, analisis regresi sederhana untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat atau menguji signifikan hubungan dua variaberl melalui koefisien regresinya. Uji analisis ini menggunakan uji t.
Hasil penelitian tentang kompetensi dosen akuntansi secara keseluruhan tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 87,30. Sedangkan tiap variabel untuk kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dosen tergolong tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 27,43, 30,67, 16,84 dan untuk kompetensi sosial tergolong sedang dengan nilai rata-rata 12,36. Kompetensi dosen berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa, dilihat dari nilai signifikan t sebesar 0,000 yang kurang dari α (0,05). Selanjutnya kompetensi dosen berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa sebesar 28,5% yang dilihat dari R Square. Saran dari penelitian ini adalah bagi dosen akuntansi agar selalu meningkatkan keempat kompetensi yang harus dimiliki agar tingkat pemahaman mahasiswa dalam menerima materi bisa semakin tinggi dan lebih baik lagi. Secara keseluruhan kompetensi dosen sudah tergolong tinggi, namun pada indikator tentang pelibatan mahasiswa dalam penelitian perlu ditingkatkan lagi untuk menambah pengatahuan dan pengalaman mahasiswa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *