Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di Malang Raya

Rianti, Evi. 2017. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di Malang Raya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si.Ak.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar Siswa

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran sehingga guru harus memiliki kompetensi. Kompetensi guru yang berhubungan langsung dalam proses pembelajaran adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Telah dilakukan beberapa penelitian tentang pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa, namun terdapat perbedaan hasil penelitian. Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan penelitian untuk memperkuat hasil penelitian terdahulu. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori konstruktivistik sosial yang dikemukakan oleh Vygotsky dan teori Classical Conditioning yang dikemukakan oleh Petrovich Pavlov. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar siswa SMK program keahlian akuntansi di Malang Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan tergolong penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru produktif akuntansi di Malang Raya sejumlah 123 guru, sedangkan sampel yang digunakan sejumlah 31 guru. Metode pengumpulan data menggunakan tes kompetensi untuk mengukur kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akuntansi sedangkan dokumentasi untuk mengambil data prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS versi 22.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dan (2) kompetensi profesional guru akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru maka semakin baik pula prestasi belajar yang dicapai siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru akuntansi untuk terus meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalnya. Bagi sekolah hendaknya memfasilitasi dalam peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akuntansi. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menambah variabel penelitian seperti kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *