Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Inspektorat Se-Malang Raya)

Nurhayati. Meli. 2017. Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Inspektorat Se-Malang Raya). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Program S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci : Konflik Peran, Ambiguitas Peran, dan Komitmen Independensi

Komitmen independensi auditor internal Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi pengawasan serta fungsi evaluasi terhadap sistem pengendalian. Independensi auditor internal dapat dipengaruhi dari tingkat konflik peran dan juga ambiguitas peran yang dihadapi saat menjalankan profesinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Konflik Peran serta Ambiguitas Peran terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal Pemerintah Daerah Se-Malang Raya. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel penelitian ini adalah metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, nilai statistik F, dan nilai statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konflik peran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen independensi auditor internal Pemerintah Daerah, (2) ambiguitas peran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen independensi auditor internal Pemerintah Daerah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *