Pengaruh Logis Matematis dan Minat Belajar Akuntansi terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi 1 Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan 2014 di Universitas Negeri Malang

Nurtriani. 2016. Pengaruh Logis Matematis dan Minat Belajar Akuntansi terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi 1 Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan 2014 di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si., Ak, CA, (II) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak.

Kata Kunci: Logis Matematis, Minat Belajar, Hasil Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel berupa logis matematis dan minat belajar akuntansi terhadap hasil belajar Pengantar Akuntansi 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2014 di Universitas Negeri Malang sejumlah 397 mahasiswa dengan sampel penelitian sejumlah 199 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Jenis data untuk variabel logis matematis dan minat belajar akuntansi menggunakan data primer yang diukur menggunakan tes dan kuesioner. Untuk variabel hasil belajar menggunakan data sekunder berupa dokumen nilai matakuliah Pengantar Akuntansi 1. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa logis matematis berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Pengantar Akuntansi 1 dengan tingkat sig. yaitu 0,000 < 0,05. Minat belajar akuntansi juga berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Pengantar Akuntansi 1 dengan tingkat sig. sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan; (1) bagi pendidik untuk memberikan lebih bayak latihan soal untuk mengasah kemampuan logis matematis peserta didik; (2) bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan logis matematis yang baik dapat menggunakan kemampuannya sebaik mungkin dan meningkatkan minat belajarnya terhadap akuntansi sehingga memperoleh hasil belajar yang baik; (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan memperluas sampel penelitian dan menambah teknik pengambilan data berupa wawancara dan observasi agar hasil penelitian lebih objektif dan akurat; (4) bagi institusi (jurusan akuntansi) disarankan agar menambah jam matakuliah yang berkaitan dengan logis matematis seperti matematika ekonomi bisnis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *