Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual dengan Aplikasi Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi

Pratiwi, Azeeta Nur. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual dengan Aplikasi Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.,Ak.

Kata Kunci: Media pembelajaran audiovisual Powtoon, motivasi belajar, gaya belajar.

Salah satu komponen belajar yang efektif untuk menunjang kegiatan pembelajaran adalah media pembelajaran. Dengan fasilitas yang disediakan oleh sekolah, guru dapat menerapkan media pembelajaran yang inovatif untuk menunjang proses pembelajaran dikelas. Namun, dalam kenyataannya masih banyak guru yang kurang memanfaatkan fasiltas yang telah disediakan tersebut, dan hanya menerapkan media pembelajaran yang terkesan monoton dan tidak bervariasi, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak termotivasi dalam belajar. Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dengan aplikasi Powtoon dapat menjadi salah satu alternative untuk mengatasi masalah kejenuhan serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, terdapat beberapa factor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, salah satunya adalah gaya belajar siswa. Terdapat 3 gaya belajar siswa yaitu, gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik. Namun, karena keterbatasan jumlah responden yang diteliti maka dalam penelitian ini gaya belajar di kelompokkan menjadi 2 yaitu, gaya belajar visual dan non visual
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran audiovisual dengan aplikasi Powtoon dan kelas kontrol yang tidak menerapkan media pembelajaran audiovisal dengan aplikasi Powtoon dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga meneliti perbedaan motivasi belajar siswa dilihat dari aspek gaya belajarnya.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (Quasi Eksperimental Design). Pengumpulan data motivasi dan gaya belajar siswa diperoleh dari hasil pengisian angket atau kuisioner yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelian ini diharapkan guru dapat menerapkan media pembelajaran, karena dengan penggunaan media dalam kelas dapat membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa lebih termotivasi dalam belajar. Dengan media pembelajaran audiovisual ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternative bagi guru untuk untuk diterapkan dalam pembelajaran akuntansi. Selain itu, guru juga perlu mengetahui gaya belajar siswa yang berbeda untuk dapat menerapkan media dan metode pembelaajran yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *