Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know (IMWK) terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Plemahan

Rahayu, Atika. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know (IMWK) terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Plemahan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc., (II) Dr. Dodik Juliardi, S.E., Ak., M.M.

Kata kunci: Metode Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa yaitu metode pembelajaran Inquiring Minds Want to Know (IMWK). Metode pembelajaran Inquiring Minds Want to Know (IMWK) ini dapat merangsang rasa ingin tahu siswa, maka dicobakan penerapan metode Inquiring Minds Want to Know (IMWK) pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Plemahan Kabupaten Kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Plemahan. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol.
Hasil uji T menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu sebesar 0,023 < 0,05. Demikian juga dengan variabel hasil belajar yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Dapat diketahui bahwa hipotesis penelitian untuk variabel minat belajar siswa dan variabel hasil belajar siswa diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Inquiring Minds Want to Know (IMWK) terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1)bagi siswa, diharapkan siswa lebih mandiri dan kreatif dalam mencari dan menggunakan sumber belajar; (2)bagi guru, metode pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran alternatif dalam pembelajaran akuntansi; (3)bagi sekolah, dapat dijadikan untuk memperbaiki kualitas sistem pembelajaran di sekolah; (4)penelitian selanjutnya, dapat mengukur minat siswa di awal dan akhir penelitian serta memperluas penilaian hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotorik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *