Pengaruh Metode Pembelajaran Latihan (Drill) dengan Alat Evaluasi Hot Potatoes 6 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Abdi Negara Tuban

Published: 12 September, 2016

Aprilian, Inez Galuh. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Latihan (Drill) dengan Alat Evaluasi Hot Potatoes 6 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Abdi Negara Tuban. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Suparti, M.P., (2) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si. Ak. CA

Kata Kunci: Metode pembelajaran latihan (drill), alat evaluasi Hot Potatoes 6, hasil belajar.

Proses pembelajaran di sekolah saat ini sudah diterapkan secara maksimal tetapi belum optimal, hal tersebut dikarenakan ketidaksesuaian antara metode pembelajaran yang digunakan dengan keadaan siswa. Proses pendidikan di sekolah sekarang porsinya masih lebih pada aspek kognitif atau transfer of knowledge saja. Guru masih terbiasa menjadikan peserta didiknya pendengar yang baik karena guru masih yakin bahwa satu-satunya cara untuk mengajar dengan cepat adalah menggunakan metode ceramah. Guru juga belum memanfaatkan teknologi-teknologi yang telah berkembang untuk dikombinasikan dengan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh temuan empiris tentang perbedaan hasil belajar siswa pada matapelajaran memproses entry jurnal perusahaan jasa dan dangang kelas X di SMK Abdi Negara Tuban antara kelas yang pembelajaran menerapkan metode pembelajaran latihan (drill) dengan alat evaluasi Hot Potatoes 6 dan kelas yang pembelajarannya tanpa menerapkan metode pembelajaran latihan (drill) dengan alat evaluasi Hot Potatoes 6
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperiment) non-equivalent control group design. Desain penelitian diawali dengan observasi awal dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan, perlakuan yang diberikan adalah penerapan metode pembelajaran latihan (drill) dengan alat evaluasi Hot Potatoes 6 pada kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa menerapkan metode pembelajaran latihan (drill) dengan alat evaluasi Hot Potatoes 6, kemudian dilanjutkan dengan observasi akhir dengan postest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan nilai gainscore yaitu selisih antara post-test dan pre-test.
Berdasarkan hasil penelitian, membuktikan adanya peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Menurut uji t pada hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh thitung = 2,9 dan sig. sebesar 0,005. Bila dibandingkan dengan ttabel dk pembeda 57 dan dk penyebut 57, taraf kesalahan 5% maka diperoleh ttabel sebesar 1,672. Karena thitung > ttabel yaitu 2,9>1,672, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang lebih signifikan dari hasil belajar kedua kelompok tersebut. Dari hasil tersebut maka disarankan perlunya variasi pembelajaran dalam kelas, salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran latihan (drill) dengan alat evaluasi Hot Potatoes 6.

Find More

Categories

Follow Us

Related Content