Pengaruh Model Active Learning dengan Teknik Learning Start with A Question terhadap Hasil Belajar Akuntasnsi Siswa Kelas X AK SMK Islam Batu

Margati, Yermia Putri. 2015. Pengaruh Model Active Learning dengan Teknik Learning Start with A Question terhadap Hasil Belajar Akuntasnsi Siswa Kelas X AK SMK Islam Batu. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed. (II) Dr. Eka Ananta S, S.E., M.M. Ak, CA

Kata kunci: model active learning, learning start with a question, dan hasil belajar

Model pembelajaran merupakan salah satu cara yang dipergunakan guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik dengan maksud mencapai tujuan belajar yang disepakati. Model pembelajaran yang efektif adalah model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif berpartisipasi. Salah satu teknik yang termasuk dalam model pembelajaran aktif (active learning) adalah learning start with a question (LSQ). Learning Start with A Question dapat membangun kemandirian belajar dalam diri siswa, dimana siswa dilatih memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menjelaskan pengaruh penerapan model Active Learning dengan teknik Learning Start with A Question terhadap hasil belajar siswa X AK SMK Islam Batu.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen kuasi yang dilaksanakan di SMK Islam Batu. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas X AK. Terdapat dua kelas pada program kejuruan akuntansi di SMK Islam Batu, yakni kelas X AK 1 dan kelas X AK 2 yang masing-masing terdiri atas 34 siswa. Kelas X AK 1 ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan analisis Independent-Samples T Test.
Berdasarkan hasil uji t Independent-Sample diperoleh kesimpulan bahwa model active learning dengan teknik learning start with a question berpengaruh positif pada variabel hasil belajar. Terdapat perbedaan hasil belajar yang cukup signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model active learning dengan teknik learning start with a question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.
Saran yang diajukan dalam penelitian ini terutama bagi guru untuk lebih professional, kompeten, dinamis dan kreatif dalam mengembangkan potensi siswa. Selain itu agar model active learning ini dapat menjadi bahan pertimbangan sekolah sebagai alternatif model yang berkualitas juga dalam pengadaan fasilitas pendukungnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *