Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas X di SMK Islam Batu

Wati, Ardiana Nugraha. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas X di SMK Islam Batu. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr Sunaryanto. M. Ed.

Kata Kunci : Model Project Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Pada penelitian ini, model Poject Based Learning diuji cobakan pada siswa SMK, hal ini dikarenakan karakteristik lulusan SMK dituntut tidak hanya paham secara konsep tetapi juga secara praktek. SMK yang dipilih sebagai subjek dan objek pada penelitian ini adalah SMK Islam Kota Batu. Materi yang digunakan adalah materi seputar penyusunan laporan keuangan, materi ini dianggap relevan diterapkan menggunakan bantuan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian adalah eksperimen semu dan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalen control group design dengan model Pretest- posttest Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Islam Batu yang terdiri dari tiga kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas X AK I sebagai kelas eksperimen dan X AK 2 sebagai kelas kontrol. Setiap kelas yang menjadi sampel penelitian memiliki jumlah siswa yang sama. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa silabus, RPP, dan Handout, dan instrumen pengukuran berupa tes hasil belajar. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji normalitas dengan uji Kolmogorov- Smirnov (Uji K-S) dan uji homogenitas menggunakan uji Homogenity of Variances.
Berdasarkan skor rata-rata hasil belajar siswa, kelompok siswa yang belajar dengan model PjBL memiliki skor rata-rata hasil belajar lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar secara konvensional 37,94 > 27,94. Hal ini berarti model PjBL berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: ada perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar yang belajar dengan model PjBL dan siswa yang belajar dengan cara konvensional.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *