Pengaruh Motivasi Belajar, Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Fitriani, Dila. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar, Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc, (II) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya, Prokrastinasi Akademik, Prestasi Belajar, SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

Keberhasilan pendidikan di sekolah-sekolah umumnya didasarkan pada prestasi belajar yang diperoleh siswa, semakin tinggi prestasi belajar siswa semakin baik pula proses pendidikan yang telah dilakukan, begitupula sebaliknya. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan dengan proses belajar. Dalam penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah variabel motivasi belajar, interaksi sosial antar teman sebaya, dan prokrastinasi akademik. Variabel motivasi belajar didukung oleh theory of needs yang disampaikan oleh David McCleland, variabel interaksi sosial antar teman sebaya di dukung oleh teori Kognitif Sosial yang disampaikan oleh Albert Bandura, sementara variabel prokrastinasi akademik didukung oleh teori Kognitif Behavioral yang disampaikan oleh Ellis & Knaus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, interaksi sosial antar teman sebaya, dan prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran akuntansi perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dengan jumlah 109 siswa dan dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling sehingga digunakan 86 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variabel motivasi belajar, interaksi sosial antar teman sebaya, dan prokrastinasi akademik, sedangkan dokumentasi untuk mengambil data prestasi belajar siswa. analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan interaksi sosial antar teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh negatif signifikan prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar dan interaksi sosial antar teman sebaya dengan diimbangi rendahnya tingkat prokrastinasi akademik maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, begitupula sebaliknya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *