Pengaruh Multimedia Interaktif Lectora Inspire dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Siklus Akuntansi

Aziziyah, Delima. 2016. Pengaruh Multimedia Interaktif Lectora Inspire dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Siklus Akuntansi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Sri A, S.E., M.Si., Ak. (II) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak

Kata kunci : Multimedia Interaktif Lectora Inspire, Gaya Belajar, Hasil Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh multimedia interaktif Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi, (2) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi, (3) pengaruh interaksi antara multimedia interaktif Lectora Inspire dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Experiment Research. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Islam Batu yang berjumlah 99 siswa, dengan sampel yang diteliti sejumlah 66 siswa. pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pretest posttest. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) terdapat pengaruh signifikan positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi, (2) terdapat pengaruh signifikan positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi, (3) terdapat pengaruh interaksi multimedia interaktif Lectora Inspire dengan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran siklus akuntansi, (4) multimedia interaktif Lectora Inspire lebih efektif digunakan pada siswa yang memiliki kecenderungan terhadap gaya belajar visual dan gaya belajar audiotori. Berdasarkan hasil penelitian ini, disaranakan : (1) siswa mampu mengenali dan memahami tipe gaya belajar sesuai dengan karakteristik yang dimiliki, (2) multimedia interaktif Lectora Inspire dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran, (3) sekolah diharapkan mampu memperhatikan gaya belajar siswa, sehingga dapat disesuaikan dengan metode pembelajaran, (4) penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah teknik pengumpulan data, dan mengukur semua aspek hasil belajar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *