Pengaruh Nilai Tukar Rupiah/Dolar terhadap Harga Saham Perusahaan Ekspor studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia dari Januari 2014 sampai dengan Desember 2015

Islaminingsih, Desi Retno. 2016. Pengaruh Nilai Tukar Rupiah/Dolar terhadap Harga Saham Perusahaan Ekspor studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia dari Januari 2014 sampai dengan Desember 2015. Skripsi, Jurusan Akuntasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com. (2) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M.

Kata Kunci: nilai tukar rupiah/dolar, harga saham, perusahaan ekspor.

Harga saham dipengaruhi oleh faktor makro dan mikro ekonomi. Salah satu faktor mikro ekonomi yang mempengaruhi harga saham adalah nilai tukar mata uang. Berdasarkan signalling theory, informasi penurunan nilai tukar rupiah/dolar memberikan signal pada investor dalam pengambilan keputusan investasi. Sinyal yang diberikan oleh informasi tersebut tergantung pada bagaimana karakteristik perusahaan, yaitu apakan perusahaan tersebut adalah perusahaan ekspor atau impor. Masing-masing perusahaan menerima dampak yang berbeda saat terjadi penurunan nilai tukar rupiah/dolar, jika investor melihat perbedaan dampak tersebut, maka hal tersebut akan mempengaruhi perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penurunan nilai tukar rupiah/dolar terhadap harga saham perusahaan ekspor, serta untuk mengetahui bagaimana perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data kurs tengah Bank Indonesia dan data harga saham penutupan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang melakukan penjualan ekspor dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari Januari 2014 sampai dengan Desember 2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 58 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai Tukar Rupiah/Dolar berpengaruh negatif terhadap Harga Saham Perusahaan Ekspor, sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi tidak melihat bagaimana karakteristik perusahaan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan perbaikan dalam melihat apakah perusahaan melakukan penjualan ekspor atau tidak. Penelitian selanjutnya juga disarankan untuk melihat persentase perusahaan dalam melakukan ekspor dan impor, serta melihat apakah perusahaan memiliki hutang dalam dolar atau tidak pada saat harga dolar sedang menguat, sehingga dapat diketahui apakah menguatnya nilai dolar berdampak signifikan atau tidak pada perusahaan tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *