Pengaruh Pelaksanaan Kajian Praktik Lapangan (KPL) Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2012

Syukri, Deidra Desan. 2016. Pengaruh Pelaksanaan Kajian Praktik Lapangan (KPL) Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2012. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Bety Nur Achadiyah, S.Pd, M.Sc, (2) Diana Tien Irafahmi, S.Pd, M. Ed

Kata Kunci: KPL, lingkungan keluarga, minat menjadi guru.

Minat menjadi guru merupakan ketertarikan seseorang terhadap profesi guru yang ditunjukkan dengan adanya pemusatan pikiran, perasaan senang dan perhatian yang lebih terhadap profesi guru Minat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor dari dalam dan dari luar. Faktor intrinsik mahasiswa yang mempengaruhi minat salah satunya adalah faktor penguasaan ilmu pengetahuan berupa Kajian Praktik Lapangan (KPL). Faktor eksternal dari luar diri mahasiswa diantaranya adalah adanya pengaruh dari lingkungan Banyak mahasiswa yang tidak berminat untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pelaksanaan KPL dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanasi yang menggunakan variabel KPL (X1), Lingkungan Keluarga (X2) dan Minat Menjadi Guru (Y). Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 112 responden yang berasal dari mahasiswa Program Studi S1 Pendidikam Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2012. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial KPL dan lingkungan keluarga berpengaruh secara langsung terhadap minat menjadi guru dan memberikan kontribusi sebesar 51,8%. Minat menjadi guru pada mahasiswa akuntansi akan meningkat jika dipengaruhi oleh KPL dan lingkungan keluarga.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini memiliki keterbatasan berupa (a) uraian penilaian KPL dalam P4L masih kurang jelas (b) indikator yang digunakan kurang kuat (c) teknik pengambilan data menggunakan penyebaran angket. Berdasarkan keterbatasan penelitian, disarankan bagi peneliti selanjutnya (a) penjelasan tentang uraian penilaian KPL oleh P4L (b) menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta menambah variabel independen, (c) teknik pengumpulan data dapat ditambah, seperti menggunakan teknik observasi dan wawancara sehingga data yang terkumpul dapat lebih lengkap dan mendalam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *