Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan Dan Belanja Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten/ Kota Di Provinsi Jawa Timur Periode 2011-2014

Istiqlaly, Dewi. 2016. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan Dan Belanja Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten/ Kota Di Provinsi Jawa Timur Periode 2011-2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak, CA, (II) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.
Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Belanja Modal, Kinerja Keuangan Pemerintah
Pemerintah daerah sebagai pihak yang diberikan tugas menjalankan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat wajib melaporkan pertanggungjawaban keuangan daerahnya sebagai dasar penilaian kinerja keuangan. Pengukuran kinerja keuangan pada pemerintah daerah digunakan untuk menilai akuntabilitas dan kemampuan keuangan daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah. Pengukuran kinerja keuangan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis rasio keuangan pemerintah daerah, salah satunya yaitu kemandirian keuangan daerah. Dengan demikian maka suatu daerah yang kinerja keuangannya dinyatakan baik berarti daerah tersebut memiliki kemampuan keuangan untuk membiayai pelaksanaan otonomi daerah.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti secara empris terkait pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Belanja Modal terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah kabupaten/ kota di Provinsi Jawa Timur periode 2011-2014. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pemerintah kabupaten/ kota di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini mengambil seluruh populasi yang terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota. Data yang digunakan adalah Laporan Realisasi APBD periode 2011-2014, sehingga data pengamatan berjumlah 152. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif, dengan model regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bukti empiris bahwa PAD berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah, dana perimbangan berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah. sementara itu, belanja modal tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah kabupaten/ kota di Provinsi Jawa Timur. Saran yang dapat diberikan yaitu, penelitian selanjutnya dapat menggunakan pengukuran kinerja keuangan pemerintah lainnya, menambah variabel independen lain seperti variabel non keuangan, serta mengembangkan penelitian sejenis lebih lanjut dengan analisis kualitatif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *