Pengaruh Penerapan e-SPT, e-Nofa, dan e-Faktur terhadap Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak di KPP Pratama Kepanjen

Novalia, Maria . 2016 . Pengaruh Penerapan e-SPT, e-Nofa, dan e-Faktur terhadap Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak di KPP Pratama Kepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Dodik Juliardi, S.e., M.M., Ak, (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E.M.Si., Ak.

Kata Kunci : e-SPT, e-Nofa, e-Faktur, Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak

Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak merupakan Pengusaha Kena Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Kepanjen dan telah melakukan kewajiban perpajakannya.Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak meliputi kepatuhan dalam hal penyampaian SPT dan tidak memiliki tunggakan pajak. E-SPT , e-Nofa dan e-Faktur merupakan sistem elektronik yang disediakan DJP untuk memudahkan adminitrasi perpajakan setiap Wajib Pajak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bukti empiris apakah terdapat pengaruh penerapan e-SPT, e-Nofa, dan e-Faktur terhadap kepatuhan Pengusaha Kena Pajak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel yang digunakan adalah pengaruh penerapan e-SPT, e-Nofa, dan e-Faktur sebagai variabel independen, tingkat kepatuhan Pengusaha Kena Pajak sebagai variabel dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengusaha Kena Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Kepanjen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Convenience Sampling. Sumber data didapatkan melalui kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 21.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan e-SPT tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Pengusaha Kena Pajak. Penerapan e-Nofa tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Pengusaha Kena Pajak. Dan penerapan e-Faktur tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Pengusaha Kena Pajak. Kontribusi variabel independen terhadap dependennya sebesar 14,6% , namun 85,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Melihat hasil tersebut hendaknya DJP melakukan sosialisasi dengan sasaran yang tepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *