Pengaruh Penerapan Media Catur Akuntansi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Sutojayan Dan Sma Negeri 1 Kademangan Tahun Ajaran 2015/2016

Ibialty Kreatitin, Fira. 2016. Pengaruh Penerapan Media Catur Akuntansi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Sutojayan Dan Sma Negeri 1 Kademangan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Prodi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ibu Sriyani Mentari, S.Pd, M.M. Pembimbing (2) Dr. Satia Nur Maharani , S.E, M.Sa, Ak.

Kata Kunci; Media Pembelajaran Catur Akuntansi, Hasil Belajar.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlalu dominannya peran guru didalam kelas sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut membuat tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara optimal. Dampaknya, pemahaman siswa terhadap materi sangatlah kurang yang ditunjukkan dengan hasil belajar yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Melihat masalah tersebut guru dituntut untuk mampu menciptakan dan menerapkan media pembelajaran yang membantu siswa mengkongkretkan materi yang abstrak, serta membuat siswa berpartisipasi aktif di dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media Catur Akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Catur Akuntansi terhadap hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sutojayan dan kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kademangan tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pada SMA Negeri 1 Sutojayan Sampel terpilih kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan media Catur Akuntansi, sedangkan kelas XI IPS 4 diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional, sedangkan Pada SMA Negeri 1 Kademangan Sampel terpilih kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan media Catur Akuntansi, sedangkan kelas XI IPS 1 diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional, Teknik analisis data menggunakan uji-t menggunakan independent-sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan media Catur Akuntansi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan nilai sign hasil belajar sebesar 0,000 < 0,05, dan didukung dengan hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa penerapan media Catur Akuntansi membantu siswa dalam memahami materi dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *